Jumat, 12 Desember 2008

Have we Improved?

Pertanyaan intinya adalah, apakah skill kita telah improved? Kalau iya, kenapa masih kalah terus sama senior? Apa tandanya kalau kita sudah improved?

Berikut saya sampaikan beberapa tanda-tanda untuk mengecek apakah kita sudah improved atau belum.

1. Kita punya pilihan
Tidak seperti pemula yang tidak punya banyak pilihan, tanda kita sudah improved ialah bahwa kita sudah punya banyak pilihan. Dalam menyerang, kita tidak hanya mengandalkan satu cara menyerang, tapi sudah ada beberapa alternatif lain. Bila gagal dalam sebuah serangan, kita sudah bisa beralih ke serangan lain. Kalau metode bertahan kita gagal, kita sudah bisa memilih strategi bertahan lain. Nah, kalau kita sudah bisa memilih strategi, itu tandanya kita sudah improved.

2. Kita tahu mengapa kita menang atau mengapa kita kalah
Masih ingat waktu kita baru mulai belajar dan pertama kali sparring melawan seorang yg lebih senior? Pukulan dan tendangannya terlalu cepat untuk kita lihat, atau kunciannya tak terduga tahu-tahu kita terpaksa menyerah tanpa tahu sebabnya. Kalau kita sudah improved hal itu pelan-pelan tidak terjadi lagi. Kita mulai bisa mengerti. Kita mulai bisa tahu sebab-sebab kenapa begini, kenapa begitu.

3. Kalau kalah, Kita tahu bagaimana seharusnya agar kita menang
Salah satu perbedaan pokok antara pemula dan bukan pemula ialah kemampuan untuk mengambil pelajaran. Seorang pemula yang kalah dengan mudah tanpa tau sebabnya, takkan tau juga apa yang harus dievaluasi dari dirinya. Seorang pendekar yang sudah improved, setelah kalah dalam latih tanding ia akan tahu. "Seharusnya tadi saya tangkis begini... dan serang begitu..." atau "Seharusnya tadi saya escape dari posisi itu dan kunci tangannya..." dst

4. Kalah Boleh, Tapi Takkan Semudah Dulu
Yang ini merupakan sebuah tanda penting untuk diamati. Kalau kita masih selalu kalah dalam latih tanding melawan orang yang lebih berpengalaman, coba perhatikan, apakah semakin lama mereka makin sulit untuk mengalahkan kita? Kalau dulu kita tap-out dalam hitungan detik, apakah sekarang kita bisa bertahan dalam hitungan menit?

5. Sudah mulai bisa menghadapi kemenangan/kekalahan secara wajar
Kalau kita sudah improved, kita takkan berlebihan lagi dalam menghadapi kemenangan ataupun kekalahan. Seorang pemula bisa suntuk kalau kalah, ataupun bersorak kegirangan kalau menang. Namun seiring berjalannya waktu latih tanding sudah menjadi hal biasa, sebagaimana sarapan sehari-hari.

6. Kita mulai bisa melihat kelemahan junior/pemula
Kalau mata kita sudah mulai awas dalam melihat peluang ataupun kelemahan lawan yang masih pemula, itu merupakan suatu tanda bahwa kita sudah improve. Jika kita sudah bisa mengalahkan pemula dengan mudah, bisa jadi merupakan tanda bahwa kita sudah bukan pemula lagi.


Begitulah 6 tanda-tanda bahwa kita sudah improved. Sekali lagi, kalah menang dalam sparring sama sekali bukan tanda bahwa kita improve atau tidak improve. Harus diingat bahwa senior-senior kita juga harus improved. Pastikan saja bahwa mereka takkan bisa mengalahkan kita semudah dulu lagi.


semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar