Kamis, 11 Desember 2008

FROM MY TAEKWONDO


Banyak sekali hal yang saya dapat dari Tae Kwon Do. Oleh karena itu saya pikir menjadi penting buat saya pribadi untuk menulis sesuatu tentang Tae Kwon Do. Syukur juga kalau ada manfaatnya buat orang lain yang mungkin kebetulan baca tulisan ini.

Saya akan coba jabarkan satu persatu dengan membuat poin-poin penting beberapa hal yang saya dapat dari masa-masa saya di TaeKwonDo.

1. Kekeluargaan
Dojang adalah rumah kedua saya. Orang-orang di dalamnya adalah keluarga saya. Tempat latihan saya menekankan betul kekompakan dan rasa persaudaraan. Pergi nonton pertandingan bareng-bareng sampai larut malam, latihan bersama di rumah, pergi Gashuku dan begadang semalaman, nonton video beladiri rame-rame (Fight to Win, dan tentu saja "Best of The Best!").

2. Sportivitas
Saya dulu sering sekali ikut ataupun nonton pertandingan. Menang pernah, kalah lebih sering lagi. Dari TKD saya belajar yang namanya sportivitas.

3. Rasa Hormat & Disiplin
Saya dulu mulai dengan rasa takut terhadap Sabeum. Selalu ada sanksi tegas terhadap tindakan-tindakan yang melanggar peraturan perguruan. Waktu awal mulai belajar, sabuk hitam TKD itu bagaikan bintang di langit. Seiring berjalannya waktu, rasa takut mulai bergeser pada rasa hormat dan keakraban. Dari TKD saya mendapatkan kebiasaan untuk menghormati dan menghargai orang lain.

4. Kepekaan Sosial
Saya juga belajar cara menganalisa dan membaca berbagai tipe orang dari keanekaragaman manusia ini.

Demikianlah sekilas tentang beberapa hal bermakna yang saya dapatkan dari TKD. Bukan maksud saya memuji TKD secara berlebih-lebihan, tapi ini adalah pengalaman saya. Sebagian besar hal yang saya pelajari, sebenarnya bisa juga kita dapatkan dari sekolah, klub bola, karang taruna, sanggar tari atau dari tempat lainnya. Toh, kebaikan bisa datang dari manapun juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar